09/06/08

LO FEN KOEI


Film ini diambil dari kisah dalam novel karangan Gouw Peng Liang yang ditulis pada tahun 1903 di Batavia. Menceritakan mengenai seorang pria bernama Lo Fen Koei, warga Indonesia keturunan Cina, kaya terkenal serta penjual obat-obatan terlarang di desa Benawan, Jakarta pada awal 1900. Pada suatu hari ia mengutus anak buahnya melamar seorang gadis cantik bernama Tan San Nio, putri seorang penjual sayuran yang tinggal di desa Rawa Sungkit. Orangtua sang gadis menolak lamaran Lo Fen Koei dan ia mulai memasang jebakan agar sang ayah ditangkap dan dipenjara karena menyimpan opium yang bukan miliknya. Tapi Fen Koei juga tertarik pada seorang wanita bersuami benama Poeij Lain Nio. Ia merayu wanita tadi dengan banyak memberinya perhiasan dan melaporkan hal-hal buruk tentang suaminya kepada polisi agar dimasukkan dalam penjara.
Sementara itu Tan San Nio diselamatkan oleh Souw Gi Tong dan diminta tinggal bersamanya di Banjar Negara. Untuk mendapatkan Tan San Nio kembali, Fen Koei memasukkan racun dalam makanan istri Gouw Gi Tong agar ia mati. Sebaliknya ia melaporkan pada polisi bahwa Gouw Gi Tong telah membunuh istrinya. Semua rencana jahat Fen Koei pada akhirnya terbongkar oleh orang kepercayaan Souw Gi Tong. Pada saat polisi dating, Fen Koei melakukan bunuh diri dengan menembakkan pistol ke dalam mulutnya sendiri. Pada akhirnya setelah bebas dari penjara Souw Gi Tong menikahi Tan San Nio.

3 komentar:

pipit darmayanti mengatakan...

mb tau ga lebih lnjutnya para pemain nya karna slah satu pemain itu adalah papah saya yang udah 28 th ini blum pernah saya jumpai klo ga slah peran nya sbgai ayah tan san nio

Unknown mengatakan...

Saya pernah terlibat pembuatan film tsb, sbg crew,
Yg saya ingat pemainnya Ferry Salim, Fitri Handayani, Bella Esperance, George Ananda...
Selebihnya lupa banget...

Anonim mengatakan...

Olga lydia